detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Memilih Kue-Kue Suguhan Arisan

Odilia Winneke - detikFood
Obat-obatan
  • Vaksin; MEVAC ACYW 135
  • Vaksin; MENVEO MENINGOCOCCAL Group A, C, W135
  • Lumbricum
Flavor
Sayuran dan Olahannya
thumbnail
Jadi nyonya rumah arisan memang menyenangkan meskipun sedikit repot. Agar tidak tekor dalam mengatur pengeluaran untuk suguhan, ada baiknya membuat perencanaan yang cermat. Kue-kue apa saja yang bakal jadi suguhan? Berapa banyak? Akan dibuat sendiri atau dipesan? Suguhan apa yang pantas buat melengkapi kue-kue? Temukan info kompletnya di sini!

Kue atau Makanan : Penentuan jenis suguhan, apakah kue-kue atau makanan berat dan lengkap bisa disesuaikan dengan pemilihan waktu arisan. Jika arisan diadakan sore hari, sebaiknya sajikan kue-kue yang beragam sekaligus bisa dijadikan sebagai acara minum teh. Karena sajian makanan lengkap lebih mahal dibandingkan dengan kue-kue. Peralatan yang diperlukan juga lebih banyak.

Jenis Kue:
Kue-kue untuk suguhan tidak harus mahal. Jenis kue sangat beragam, bisa aneka kue tradisional atau kue-kue ala Barat yang beragam jenisnya. Untuk menghemat, bisa saja kue-kue tradisional dipadukan dengan kue-kue Barat. Misalnya kue lapis, klepon dan kue ku bisa dipadukan dengan risoles, kroket, pastel aneka cake potong, dan lain-lain. Jika ingin menarik perhatian peserta arisn, pilihlah jenis kue yang tidak terlalus ering ditampilkan dalam acara arisan atau bisa juga jenis
yang baru.

Jumlah:
Banyaknya jenis dan jumlah kue tentu disesuaikan dengan jumlah peserta arisan. Jika pesertanya sekitar 20 orang, bisa dipilih 4-6 jenis kue dengan variasi kue dengan rasa manis dan asin. Tiap jenis bisa disiapkan 10 potong dengan asumsi tiap orang 2-3 potong. Namun, jika di kelompok arisan ada kebiasaan membungkus makanan sebagai oleh-oleh sebaiknya siapkan ekstra kue untuk mereka yang ingin membawa pulang. Tak perlu berlebihan karena jumlah yang banyak juga tak akan pernah
cukup, sesuaikan saja dengan biaya yang sudah dianggarkan. Karena pada prinsipnya suguhan kue untuk dinikmati di tempat, tidak untuk dibawa pulang.

Minuman : Untuk melengkapi suguhan kue-kue bisa Anda siapkan minuman dingin atau hangat. Minuman dingin bisa berupa jus buah, minuman ringan bersoda atau teh dan kopi. Jika mau berhemat, bisa disuguhkan teh lokal dalam berbagai rasa, bisa disajikan dalam bentuk teh tubruk. Teh ini bisa disuguhkan sebagai es teh atau teh panas.
(Odi/eka)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).