detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Apa itu Thyme?

Odilia Winneke - detikFood
Mie Instan
  • Yumi
  • Cangak Ular
  • Bihunku
Jamu
Rumah Potong Hewan
thumbnail Thyme
Rempah daun yang mungil ini sering dipakai dalam hidangan Barat. Hidangan apa saja yang cocok dibumbui dengan rempah ini. Bagaimana cara menyimpan dan memakainya? Simak info singkat berikut ini!

Thyme merupakan salah satu jenis rempah daun asal Mesir yang sangat terkenal.Daunnya mungil, bentuknya oval kecil dengan tangkai kecil keras. Aromanya sangat harum dan khas. Thyme banyak dipakai oleh orang Yunani sebagai obat herbal.

Dalam perkembangannya thyme banyak dipakai hampir di semua hidangan Eropa, Portugis, Lebanon, Turki,Spanyol, Karibia dan Timur Tengah. Aroma daun rempah ini makin enak saat sudah dikeringkan. Aroma thyme sangat cocok untuk membumbui hidangan daging panggang, ungkep dan sup. Dalam pembuatan kaldu, thyme sering ditambahkan dalam racikan 'bouquet of garni' bersama bawang, wortel da daun bawang serta peterseli.

Thyme saat ini sudah bisa dibeli dalam keadaan segar atau kering. Untuk thyme kering sebaiknya kemas dalam wadah bertutup rapat. Simpan selalu sisa thyme kering dalam wadah bertutup rapat karena mudah  sekali kehilangan aroma jika terkena udara.

(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).