detikfood

Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Wisata Kuliner di Tasikmalaya

Rinni Sutedjo - detikFood
Wisata Kuliner di Tasikmalaya
Nama: Rinni Sutedjo
Email : rinni_sutedjo@yahoo.com
Alamat :
graha pratama lt. 18


Saat mudik pasti bosan kalau hanya makan ketupat dan opor ayam saja. Nah, tidak ada salahnya kalau mencicipi berbagai jenis kuliner ketika mudik. Mulai dari makanan ringan sampai dengan menu utama pasti jadi santapan yang menarik.

Pada liburan hari raya kemarin saya bersama keluarga besar mudik ke Tasimalaya dari Bandung yang selanjutnya akan dilanjutkan ke Ciamis. Perjalanan yang cukup melelahkan karena telah melakukan perjalanan selama 4 jam. Untunglah kami pun menemukan pemberhentian yang pertama, yaitu di RM. Asep Strawberry tepat di waktu makan siang.

Wah.. tempatnya benar-benar mampu mengusir penat setelah seharian melakukan perjalanan yang cukup panjang. Kami pun memilih duduk di saung yang terletak tepat diatas kolam ikan, dengan pemandangan langsung hamparan menghadap ke hamparan sawah, semilir angin yang menyambut membuat kami tak merasa bosan selama menunggu pesanan datang.

Tak lama berselang, pesanan kamipun tiba. Satu paket nasi liwet komplet plus sambal, lalaban, ikan peda goreng tumis cabe hijau, tahu goreng, tempe mendoan serta ikan gurame bakar hadir memeriahkan meja kami siang itu. Nasi liwetnya gurih nikmat apalagi ditambah dengan ikan pedanya plus sambal, bikin kami ingin nambah terus. Untuk sepaket menu lengkap itu kami cukup membayar Rp 90.000,00 saja.

Setelah perut kenyang terisi, tenggorokan pun dibelai dengan segelas jus strawberry yang suegerrr!! Untuk segelas jus strawberry segar pesanan saya dibandrol dengan harga Rp 10.000,00. Tak hanya makanan lezat yang bisa dinikmati, tapi juga beberapa permainan menarik seperti flying fox dan perahu sampan pun bisa menjadi hiburan yang menarik loh!

Setelah perut terisi, perjalanan pun kami lanjutkan kembali menuju Tasikmalaya. Sesampainya disana kami segera menuju warung Es Bu Omoh yang terletak di Jl.Ampera Panglayungan Tasikmalaya. Seporsi es campur membuat badan yang lelah kembali segar. Isian es campurnya juga komplet, mulai dari ketan hitam, cincau hitam, alpukat, irisan nanas, nangka, kolang kaling dan juga santan.

Tak ketinggalan dan juga yang menjadi ciri khasnya adalah es campur ini disiram oleh sirup bojong yang rasanya hmmm.. lezat! Untuk segelas es campur Ibu Omoh, dihargai dengan Rp 8.000 rupiah saja. Selain itu jika kita ingin membeli sirup bojongnya saja Bu Omoh juga menyediakannya dengan harga Rp 22.000 per botolnya. Wow.. baru sampai saja kami sudah membawa oleh-oleh.

Di Tasikmlaya, di kawasan Jl.Kolektoran ada penjual nasi tutug oncom yang gurih dan enak. Karena bosan menyantap ketupat dan opor, jadilah sarapan kami hari berikutnya nasi tutug oncom ditemani telor ceplok dan tempe greng. Tak puas dengan nasi tutug oncom, kami pun masih memesan kue serabi oncom, dan juga kue serabi gula. Seporsi nasi tutug oncom dihargai dengan Rp 5.000,00 sedangkan untuk serabinya Rp 1.000,00 per buah.

Nasi tutug dan kue serabi ternyata tak meredam keinginan saya untuk menyantap semangkuk kolak campur dan juga rujak uleg. Kolak campur rasanya sungguh unik karena isiannya yang sungguh komplet seperti kacang hijau, ketan hitam, pisang, biji salak, bubur jali yang disiram dengan areh atau santan.

Nah, sewaktu kami singgah di Ciamis, kami menyempatkan diri untuk mampir ke Jl. Rancapetir untuk membeli abon sapi, dendeng sapi, serta kering kentang. Kalau Anda sedang berada di Tasikmalaya dan Ciamis mampir saja ke tempat ini.

RM. Asep Strawberry
500 meter setelah jalan Cagak Garut - Tasikmalaya 
Es Bu OmohJl.Ampera Panglayungan
(Odi/eka)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close