detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Resep Rahasia Kue-Kue Cantik dari Puff Pastry

Odilia Winneke - detikFood
Rumah Potong Hewan
  • RPH Itik Bebek
  • Delfarm Pineapple Pie
  • Uenaaak Pao Pandan Lapis Coklat
Ikan dan Produk Olahannya
Flavor
thumbnail
Ingin bisa membuat kue-kue dari puff pastry sendiri? Ternyata, membuatnya tidak sulit dan rumit apalagi bahannya gampang didapat. Kali ini sang ahli bakery bakal memberikan jurus-jurus jitu membuat puff pastry, bahkan sampai bisa dijual. Jangan sampai ketinggalan, daftarkan diri segera!

Kue-kue dari puff pastry memang selalu menggoda. Lapisan-lapisan adonan yang bertumpuk, berlapis memang rasanya sangat renyah. Apalagi jika diberi tambahan isi, manis atau gurih, rasanya jadi makin enak. Tampilannya juga cantik!

Sudah lama penggemar detikfood menanti kelas khusus puff pastry. Karenanya kamipun berusaha untuk mencarikan orang yang mau berbagi ilmu secara tuntas. Kali ini kondultan bakery dan ahli roti, Haryanto Makmoer, bersedia membagi ilmu puff pastry. "Asal tahu triknya, gampang kok bikin puff pastry itu. Bahannya juga sederhana, mentega, air dan tepung terigu," demikian komentar pak Haryanto.

Dalam cooking class ini pak Haryanto akan memberikan resep dasar puff pastry berikut tips dan triknya. Termasuk jika akan menjual kue puff pastry ini. Dari teknik mengaduk adonan, menggilas, melipat, membentuk sampai menyimpan adonan.

Trend terbaru dari puff pastry yang bisa dicetak seperti pie juga aneka topping terbaru akan dibeberkan. Lima resep pilihan yang bakal dibahas tuntas adalah Picnic Roll (gulung puff pastry klasik ini berisi daging asap dan telur dengan rasa gurih yang padat), Sweet Coconut Pastry (yang ini mirip pie tapi rasanya renyah abis), Fruit Nut Pastry (pastrynya pakai variasi almond cream yang enak dengan paduan buah segar), Apple Strudel (puff pastry klasik ini mirip dengan bikinan toko strudel ternama di dunia!) dan Smoky Cheese Pastry ( mirip quiche Inggris dengan rasa keju yang pekat).

Ssst..selain resep-resep di atas tentu saja akan banyak 'rahasia' yang bakal diberikan oleh pak Haryanto! Kalau mau, Anda juga bisa berdiskusi soal harga jual dan trik jualan puff pastry yang oke. Karena pak Haryanto sudah bertahun-tahun rajin berkeliling di hampir semua bakery di tanah air, juga menggali ilmu di mancanegara.

Cooking class kali ini menuntut konsentrasi yang penuh, karena itu kami hanya menyediakan terbatas. Tiket yang Anda bayarkan sudah termasuk resep, makan siang, sample kue untuk dibawa pulang.

Agar bisa mengatur waktu dengan baik, ada baiknya catat dulu waktunya, Minggu, 16 November 2008, pukul 09.00 -13.00, di Ranch Cooking School, Pondok Indah, Jalan Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan. Tempat kami berikan untuk mereka yang segera membereskan urusan administrasi. Segera saja daftarkan diri Anda di sini!
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).