detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Menyiapkan Kue-Kue Lebaran

Odilia Winneke - detikFood
Restoran
  • Bananamia Pisang
  • Bananafries Pisang
  • D' Bananoz Pisang
Lain-lain
Sayuran dan Olahannya
thumbnail
Harga kue-kue Lebaran tahun ini lebih mahal dari tahun lalu. Untuk membuat sendiri Anda harus punya waktu dan ketrampilan. Bagaimana cara menyiasati agar belanja kue Lebaran tak menjebolkan kantong? Simak info berikut ini.

Kue Kering :
Kue kering sangat banyak ragam dan variasinya. Karena itu di pasaran harganya juga sangat beragam tergantung dari bahan-bahan pembuatnya dan kualitas rasanya. Kue kering yang dibuat dari margarine lebih murah dari pada yang dari mentega atau roomboter. Meskipun untuk rasa dan aroma lebih enak yang dibuat dari mentega. Jika ingin membeli sebaiknya pilihlah 2 kualitas. Kualitas yang enak (harganya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 75.000 per kotak plastik 500 g) bisa Anda beli beberapa stoples saja. Kue-kue ini bisa disajikan untuk tamu-tamu yang ‘dituakan’ atau yang berumur. Sedangkan kualitas sedang bisa Anda beli lebih banyak untuk kerabat dan teman-teman sebaya dan anak-anak. Dengan kombinasi ini Anda bisa lebih berhemat. Jika ingin lebih berhemat lagi bisa membeli di penjual kue kiloan. Anda tinggal membawa stoples dan meminta mereka mengisi sesuai dengan isi stoples. Harganya relatif murah dan pilihan jenis dan rasanya juga banyak.

Cake : Harga kue-kue mewah seperti lapis legit dan lapis Surabaya dengan kualitas bagus lebih mahal dari tahun kemarin. Sekitar Rp. 250.000 – Rp. 400.000 per loyang. Hal ini disebabkan harga bahan-bahan juga membumbung. Jika membeli sebaiknya pilih took yang sudah lama menjual jenis kue ini dan menyediakan beragam pilihan. Lapis legit ekonomis dengan harga relatif murah dan enak bisa jadi alternatif. Untuk kue modern seperti Black Forest, Opera, Chocolate Fudge bisa dibeli di bakery yang sudah anda kenal kualitasnya. Khusus untuk kue yang mewah sebaiknya tak perlu menyediakan dlama jumlah banyak. Jangan lupa simpan selalu cake dalam lemari es agar lebih tahan lama.

Pesan atau Bikin: Jika Anda tak punya cukup waktu dan tak terbiasa membuat kue atau cake sebaiknya jangan bereksperimen untuk membuat kue Lebaran. Membuat kue perlu kesabaran dan ketelitian plus ketrampilan. Karena jika gagal maka bahan yang mahal harganya plus waktu berharga Anda bakal habis terbuang sia-sia. Lebih baik cari kenalan atau pembuat kue yang sudah Anda ketahui kualitasnya dan pesanlah pada mereka. Pembuat kue rumahan punya kualitas yang lebih baik dan harga bersaing dibandingkan bakery ternama. Jangan tergiur nama besar dan populer dari bakery atau toko kue. Jika akan membuat sendiri, pastikan semua bahan sudah tersedia dan Anda punya cukup waktu agar kue bisa selesai dengan kualitas bagus.

Hantaran :  Jika berniat mengirim hantaran kue sebaiknya jangan telalu jauhd ari hari Lebaran. Idealnya H-4, kue-kue sudah diantar ke penerimanya. Kue bisa dibuat sendiri atau dipesan. Pastikan rasa dan kualitasnya bagus. Lebih baik lagi jika Anda tahu jenis kue kegemaran penerimanya sehingga kue yang diterima akan sesuai dengan seleranya. Sebaliknya jika menerima bingkisan kue, cek lebih dahulu kemasannya. Jika kurang rapi atau tidak kedap udara, kue kering bisa dipindahkan ke wadah lain yang lebih pantas. Jangan lupa selalu sertakan kartu ucapan atau kartu terima kasih dengan nama dan alamat yang jelas agar pengirim atau penerima tahu bahwa kue sudah diterima dengan baik.
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).