detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Kres..Kres Serundeng Kelapa - Kacang

Eka Septia - detikFood
Coklat dan Permen
  • Vitamin B6
  • Fondue Chocolate
  • Cocoa Mix
Lain-lain
Susu, Keju dan Es Krim
thumbnail
Serundeng kelapa memang identik dengan rasa manis atau pedas, dan ada tambahan potongan daging didalamnya. Tapi apa jadinya jika serundeng kelapa kali ini tidak ada daging sebagai isinya? Hmm...penasaran kan?

Serundeng kelapa sering kali menjadi teman makan nasi uduk atau nasi ulam untuk sarapan atau jika tidak ada nasi uduk pun serundeng kelapa tetap dapat dinikmati bersama dengan nasi putih hangat. Biasanya serundeng kelapa ada yang rasanya sedikit pedas atau manis dengan potongan daging di dalamnya.

Nah, serundeng kelapa kali ini beda dari biasanya. Kelapa sedang yang diparut kasar dan sedikit memanjang membuat tampilannya berbeda. Sepintas tampak seperti keripik kentang yang diiris halus. Tapi ketika dirasakan, rasanya sangat jauh berbeda. Gurih manis kelapanya masih sangat terasa, apalagi dipadu dengan kacang. Hmm...semakin mantap saja rasanya!

Biasanya saya tak terlalu suka dengan serundeng kelapa,tapi tidak kali ini. Rasanya sangat renyah, seperti sedang makan keripik saja. Mungkin karena kelapa yang sudah diparut kasar tadi disangrai hingga matang hingga menghasilkan serundeng kelapa yang kres..kres renyah. Untuk dijadikan lauk menemani nasi hangat ataupun sebagai camilan pun bisa.

Serundeng kelapa ini juga bisa dijadikan menu sahur yang praktis jika sedang malas berlama-lama menyiapkan menu santap sahur. Selain praktis, dapat disimpan dalam jangaka waktu yang lama asalkan ditutup dengan rapat agar serundeng kelapa-kacang ini tidak tengik dan melempem.

Ssttt
..selidik punya selidik, ternyata serundeng kelapa yang seperti ini adalah serundeng kelapa ala Thailand dan biasanya dipakai untuk taburan salad atau ketan kukus.
(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).