detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Kriuk..Kriuk Telur Gabus

Odilia Winneke - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Daging & Daging Olahan
Rumah Potong Hewan
thumbnail
Yang ini bukan telur ikan biasa. Warnanya agak kecokelatan, di luarnya ada lapisa gula dan rasanya renyah-renyah gurih plus manis. Jangan kaget kalau Anda tak bisa berhenti mengunyah telur yang satu ini.

Telur gabus sering disebut juga dengan telur belanak. Salah satu camilan kering tradisional ini memang bentuknya mirip telur ikan gabus. Ada yang putih dan ada yang kecokelatan. Keduanya sama renyah gurih dan manis. Camilan ini sekarang masih bisa ditemui di kota-kota daerah Jawa terutama kota-kota kecil.

Meskipun terlihat sederhana tetapi camilan ini agak ribet membuatnya. Bahan utamanya tepung kanji, air, telur, gula yang diaduk menjadi adonan lalu  dibentuk seperti potongan tali dengan ujung runcing. Saat menggoreng harus dipakai 2 buah wajan. Wajan satu berisi minyak dingin dan wajan yang lain berisi minyak panas. Setelah direndam dengan minyak dingin beberapa saat baru bisa digoreng dalam minyak panas. Kalau langsung digoreng dengan minyak panas pasti akan meletus-letus dan telur gabus jadi kurang mulus.

Setelah itu barulah telur gabus dibalut dengan adonan gula cair. Karena ribet membuatnya, saya lebih suka membelinya karena harganya tidak terlalu mahal. Rasa yang cokelat lebih enak karena memakai sedikit campuran gula merah. Aroma gula merah membuatnya jadi sedap. Paling asyik saat mengunyah telur gabus ini dibarengi teh atau kopi panas yang agak pahit. Hmm..kriuk...kriuk...enak lho!


(Odi/eka)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close