detikfood
Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Bekal Sekolah yang Lengkap dan Enak

Odilia Winneke - detikFood
Susu dan Makanan Bayi dan Balita
  • Flakes Makanan Tambahan usia 2-5th
  • Susu Pertumbuhan 6-12 Bulan Rasa Vanilla
  • Susu Pertumbuhan 1-5 Tahun Rasa Vanilla
Minuman dan Bahan Minuman
Flavor
thumbnail
Bekal yang Anda siapkan ternyata tak disentuh si kecil, dibawa pulang dalam keadaan utuh. Apa yang bisa Anda lakukan agar bekal yang Anda siapkan selalu menarik minat si kecil? Variasi apa yang perlu dilakukan agar rasanya tak membosankan? Agar tidak salah menyiapkan bekal, ada baiknya simak info berikut ini!

Variasi Menu: Si kecil seperti juga Anda, mudah bosan dengan rasa makanan yang itu-itu saja. Agar bisa memenuhi selera si kecil, cobalah membuat variasi menu yang lebih banyak. Misalnya, dalam seminggu, nasi bisa Anda tampilkan dalam bentuk nasi kukus, kroket nasi, atau nasi goreng dengan isi dan tampilan yang agak berbeda.

Mi dalam berbagai bentuk seperti pizza mi, omelet mi, kroket mi atau mi goreng dengan rasa berbeda bisa jadi alternatif. Pasta dengan beragam jenis dan saus, pancake, sandwich, burger atau hot dog juga bisa jadi pilihan. Usahakan untuk menyusun menu dengan sajian utama berupa sumber karbohidrat yang bisa diolah langsung dengan berbagai bahan atau disajikan terpisah.

Jangan lupa selalu tambahkan sayuran dan buah segar sebagai pelengkapnya, agar si kecil mendapat cukup nutrisi dari bekal yang Anda siapkan. Jika ingin praktis, pilihlah menu yang bisa Anda siapkan juga untuk bekal ke kantor sang ayah juga.

Persiapan: Menyiapkan bekal di pagi hari, dalam waktu terbatas merupakan kesulitan utama. Karena itu sebaiknya susun menu selama seminggu. Usahakan untuk menyiapkan lauk atau nasi komplet pada sore atau malam hari sehingga pada pagi hari tinggal menghangatkan saja.

Gunakan rice cooker atau oven microwave untuk mempersingkat waktu memasak. Jenis isian burger atau sandwich juga bisa disiapkan malam sebelumnya. Jika bisa buat burger atau lauk sekaligus dan simpan dalam freezer, saat diperlukan Anda tinggal mematangkan saja. Selain persiapan menu, siapkan juga wadah bekal yang bersih dengan warna-warna menarik.

Jika ada, usahakan ada 2-3 wadah berbeda yan dipakai bergantian agar si kecil selalu menemukan tampilan berbeda pada kemasan bekalnya. Jika memungkinkan, ajak si kecil memilih dan menentukan jenis bekal yang diinginkannya selama seminggu. Si kecil pasti lebih bersemangat!

Tampilan: Bentuk dan tampilan makanan bekal yang itu-itu saja tentu akan sangat membosankan. Karena itu buatlah sedikit kreasi dengan dekorasi. Misalnya nasi yang ditata dengan bentuk seperti badut, atau burger dengan bentuk seperti muka tersenyum, atau bentuk ikan. Dengan cara ini si kecil selalu tertarik untuk mencicipi bekalnya. Warna dan bentuk wadah yang berganti juga bisa memancing nafsu makan si kecil.

Pelengkap: Untuk melengkapi bekal di kecil, bisa Anda masukkan puding buah, potongan buah segar, tumis atau setup sayuran. Potong-potong dalam ukuran kecil sehingga mudah untuk dimakan. Saus tomat, keap manis, kerupuk atau pangsit juga bisa Anda tambahkan sebagai pelengkap.

Untuk minuman juga bisa Anda siapkan jus buah, jus kacang hijau atau teh. Hindari memberi cokelat, permen atau minuman bersoda yang manis sebagai pelengkap bekalnya. Karena rasa manis akan membuat si kecil kenyang dan tidak tertarik untuk menyantap bekalnya.
(Odi/dev)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close