Rabu, 21/06/2017 08:18 WIB

Menu Ke-30: Bosan Opor? Yuk Bikin Empal Gentong dan Soto Betawi Untuk Sajian Lebaran

Lusiana Mustinda - detikFood
Menu Ke-30: Bosan Opor? Yuk Bikin Empal Gentong dan Soto Betawi Untuk Sajian Lebaran Foto: iStock
Saat hari lebaran, sajian spesial tak harus opor. Ketupat ataupun lontong juga enak dipadu dengan soto Betawi dan empal gentong yang berkuah gurih hangat.

Potongan daging sapi sangat cocok dimasak dengan kuah kaldu yang gurih. Ditambah dengan pelengkap sambal, cabai bubuk serta emping, sajian ini sangat cocok untuk sajian spesial saat lebaran untuk keluarga tercinta.

Selain kedua menu ini, Anda juga bisa membuat puding lembut yang bisa jadi pelengkap camilan berbuka puasa maupun sajian lebaran. Untuk membuat ketiga makanan ini, Anda bisa lihat resepnya di sini.

1. Menu sahur

Menu Ke-30: Bosan Opor? Yuk Bikin Empal Gentong dan Soto Betawi Untuk Sajian LebaranEmpal gentong bisa jadi sajian lebaran. (Foto: detikfood)
Selain cocok untuk menu sahur, empal gentong juga enak dinikmati saat hari raya. Suka dengan masakan Cirebon? Coba saja buat hidangan berkuah santan ini. Potongan daging sapi dipadu dengan beragam rempah sedap dan dimasak lama hingga sari kaldu dari dagingnya keluar. Sajian hangat dan gurih ini sangat cocok dinikmati bersama dengan sambal, potongan kucai, bawang goreng, jeruk nipis plus lontong. Nyam!

Kalau ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa lihat cara pembuatannya di sini.

2. Kudapan

Menu Ke-30: Bosan Opor? Yuk Bikin Empal Gentong dan Soto Betawi Untuk Sajian LebaranPuding kelapa muda cocok juga untuk camilan lebaran. (Foto: detikFood)
Puding kelapa muda mutiara bisa jadi inspirasi membuat puding. Dipadukan dengan santan, sajian puding yang satu ini punya citarasa gurih dan manis. Apalagi ditambah dengan kerukan kelapa muda dan biji mutiara yang kenyal. Cocok disajikan dingin dan disantap bersama-sama keluarga.

Untuk membuat puding enak ini, Anda bisa klik resepnya di sini.

3. Hidangan utama

Soto BetawiSoto Betawi. (Foto: Detikfood)
Nah, ini ada sajian soto santan asal Betawi yang sedap dan gurih. Dengan campuran santan dan susu, potongan daging sapi bagian sandung lamur dengan perpaduan rempah khas seperti kapulaga, kayu manis dan bunga lawang diracik hingga empuk. Sajikan bersama dengan kentang goreng, tomat, daun bawang, bawang goreng, sambal rawit merah, emping dan acar timun.

Ingin coba membuatnya sendiri? Klik di sini untuk lihat resepnya.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com