Senin, 22/07/2013 17:20 WIB

Jambak Laoi: Lontong Sayur Gurih Plus Ikan Bilis Renyah Di Pasar Mampang

Flora Febrianindya - detikFood
Jambak Laoi: Lontong Sayur Gurih Plus Ikan Bilis Renyah Di Pasar Mampang Foto: Detikfood
Tak melulu harus di resto besar untuk menyantap menu nikmat khas Minang. Warung makan ini juga punya ikan bilis masak balado enak, gulai ayam. Juga ketupat sayur yang padat lembut dengan siraman sayur gurih. Harganyapun pas di kantong. Dijamin kenyang dan puas!

Warga Jakarta tentu sudah hafal betul dengan macetnya jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Saban pagi, petang hingga malam, antrean mobil dan motor pribadi, juga kendaraan umum mengular di keempat ruas jalan. Kamipun tak luput dari antrean macet di kawasan ini. Agak senewen karena macetnya panjang, sementara perut mulai lapar minta diisi.

Kamipun memutuskan untuk mampir ke salah satu warung makan sederhana persis di depan pasar Mampang, yang memang sering jadi perhatian kami tiap kali terjebak macet di kawasan ini. Apalagi tertera tulisan menu soto Padang dan lontong sayur besar-besar di bagian depan. Wah, bikin ngiler!

Lokasinya sangat sederhana, hanya terdiri dari meja kayu dan 2 bangku kayu panjang di sisi depan dan kirinya. Di atas meja, terhidang jejeran lauk khas Minang, bersantan dan bercabai, yang ditata bertumpuk. Tinggal tunjuk saja mau menu apa.

Aneka menunya benar-benar menggugah selera. Dari ayam, hati, ikan, dan telur masak cabai, gulai ayam, ikan goreng bumbu cabai hijau, ayam bakar, juga udang dan ikan bilis masak balado. Ada juga tumis buncis, sambal hijau dan sambal merah yang tampak garang menggigit. Wah, bikin perut makin lapar!

Untuk menemani sepiring nasi pulen, pilihan saya jatuh pada ikan bilis dengan bumbu cabai merah, serta gulai ayam bagian dada (Rp 22.000). Sebagai pelengkap, sang uda penjual dengan cekatan menuang menu pendampingnya seperti tumis buncis, irisan timun, juga sambal hijau dan merah

Ikan bilis digoreng kering, kemudian diaduk bersama tumisan bumbu cabai yang digerus kasar. Teksturnya renyah gurih dengan rasa pedas yang tak terlalu berani. Soal rasa pedasnya, saya bisa maklum, karena harga cabai kini melambung tinggi. Namun asin gurihnya yang pas tetap membuat olahannya terjejak nikmat.

Gulai ayamnya juga enak, teksturnya empuk dan mudah dikoyak dengan sendok dan garpu. Dimasak dengan kuah bersantan kental, rasanyapun gurih dan enak. Jenis sambal merah dan hijau di piringpun cepat ludes disuap bersama nasi dan sayur buncisnya.

Lontong sayur (Rp 8.000) juga nikmat dicicip. Irisan ketupat disiram dengan sayur nangka berkuah kuning kemerahan. Di sisinya diberi sebutir telur balado, dan diberi kerupuk merah yang diremukkan sebagi topping. Lontongnya padat lembut dengan rasa sayur yang gurih enak. Kalau dirasa 'sepi', bisa pilih aneka lauk lain seperti ikan ataupun hati ampela masak balado.

Agaknya, warung ini jadi tempat makan favorit perantau asal Minang di kawasan Mampang. Sepanjang saya makan, terdengar percakapan khas urang awak antara penjual dan beberapa pria yang juga makan di sini. Pembeli nasi yang dibungkuspun tak henti-hentinya berdatangan. Lagi-lagi, percakapan seringkali diucap dengan bahasa lokal. Nampaknya mereka sudah langganan di sini.

Dari hilir mudik pembeli jugalah saya tahu jika harganya memang murah meriah. Pesanan nasi dan gulai ayam dihargai Rp 11.000, begitu juga dengan nasi dan udang. Iseng, saya bertanya mengapa tak ada lauk jengkol. "Masih mending kalau mahal tapi barangnya ada. Nah, ini, sudah mahal, barangnyapun tak ada," jawab sang penjual dengan logat Minang yang kental.

Sudah puas dan kenyang, saatnya melanjutkan perjalanan menuju rumah. Tentu lebih semangat karena perut sudah diisi dengan menu-menu enak. Oh ya, warung makan ini juga melayani pemesanan. Yuk mampir!


Jambak Laoi
Depan Pasar Mampang
Jl. Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
Telp: 081311145834
Buka: mulai pukul 17.00

(odi/flo)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com