Kamis, 11/07/2013 12:56 WIB

Sedap Alami: Menyantap Mie Flaxseed dan Ayam Organik Tanpa Cemas

Fitria Rahmadianti - detikFood
Sedap Alami: Menyantap Mie Flaxseed dan Ayam Organik Tanpa Cemas Foto: Detikfood
Kandungan bahan kimia seperti pestisida, formalin, atau boraks membuat kita was-was dalam memilih makanan. Namun, di restoran ini Anda bisa bersantap dengan tenang. Pasalnya, makanan yang disajikan organik dari kebun sendiri!

Sepanjang jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat, diramaikan dengan kehadiran beragam rumah makan. Ada beberapa wajah lama, namun tak sedikit pula restoran baru dibuka. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah restoran Sedap Alami: Organic Farm & Resto.

Tak banyak tempat makan yang berani memposisikan diri sebagai restoran sehat atau organik. Meski sebagian kalangan menengah ke atas sudah menerapkan gaya hidup ini, umumnya masyarakat masih belum sadar akan pentingnya makanan yang bebas bahan kimia.

Kamipun memasuki restoran berkanopi hijau yang terletak di ruko berlantai empat ini. Tulisan-tulisan di poster dan spanduk berisi info bahwa sajiannya alami, halal, serta bebas pengawet, pewarna, dan MSG ramai menyambut kami.

Di sebelah kanan tampak meja kasir dan rak-rak berisi bahan-bahan makanan organik seperti beras merah, minyak zaitun, flaxseed, dan pepaya. Etalase lauk serta kulkas berisi sayur-mayur terletak di sebelahnya.

Tersedia menu nasi, mie, cah sayuran, serta menu vegan-vegetarian. Kami tertarik dengan mie flaxseed (Rp 19.000) karena biji-bijian yang menyehatkan ini sulit ditemui di Indonesia. Mie berwarna kuning pucat ini disajikan bersama daging ayam dan jamur, merang, caisim berwarna hijau segar, dan pangsit goreng.

Mienya yang dibuat sendiri terasa kenyal pas. Namun, kuah kaldunya yang disajikan terpisah terasa kurang asin, mungkin untuk mengurangi kadar garam. Di dalamnya terdapat kedelai dan potongan wortel. Daging ayam dan jamur dibumbui kecap sehingga ada rasa manis dalam sajian ini. Sayang, pangsit gorengnya yang berwarna pucat terasa kurang renyah.

Dari beragam lauk yang ada di etalase, kami memilih ayam bumbu Bali (Rp 21.000). Daging paha ayam kampung yang berukuran agak kecil ini medok berbalur bumbu kemerahan. Tampak sangat menggiurkan!

Untunglah, tak seperti tampilannya yang sangar, rasa pedasnya lamat-lamat. Justru manisnya lebih terasa dengan aroma sereh yang dominan. Sedap disantap dengan nasi merah organik (Rp 6.500) pulen dan potongan mentimun.

Menurut salah satu karyawan Sedap Alami, restoran ini baru berumur setahun. "Bahan-bahannya dari kebun sendiri di Cisarua, jadi kami berani pasang harga terjangkau," katanya.

Bahkan, ikan-ikan mentah dalam lemari es yang terletak di bagian depan restoran juga berasal dari sumber yang terjamin keamanannya. "Ikan-ikan ini berasal dari satu nelayan di Muara Angke yang khusus menyuplai kepada kami. Dia menjamin bahwa tangkapannya bebas formalin dan zat kimia," jelasnya.

Bahan-bahan organik yang dijejerkan di rak atau disimpan di kulkas Sedap Alami ternyata tak hanya dipakai sendiri, tapi juga bisa dibeli. Bahkan, saban Sabtu di area depan restoran, Sedap Alami menjajakan hasil bumi organik dari kebun sendiri.

Salut kepada penggagas restoran ini atas usahanya menghadirkan berbagai hidangan sehat dengan harga yang relatif terjangkau dan citarasa yang boleh diadu. Apalagi restorannya ber-AC, bebas asap rokok, dan pelanggan bisa membayar dengan kartu kredit/debit.


Sedap Alami
Jl. Bendungan Hilir Raya No. 41 (balkon di atas Apotek Kimia Farma)
Jakarta Pusat
Telepon: 021-5702095, 57951767
Buka: setiap hari, 06:30-20:00
Website: http:www.sedapalami.com

Taman Permata Buana
Jl. Pulau Bira Raya A8 No. 1, Kembangan
Jakarta Barat
Telepon: 021-5806667, 5808966
Buka: 06:30-19:00, khusus Senin & Kamis tutup pukul 19:00

Jl. Pesanggrahan Raya 13 D, Meruya
Jakarta Barat
Telepon: 021-58903036, 58903038
Buka: 06:30-21:30

(odi/fit)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com