Selasa, 11/06/2013 17:22 WIB

Martabak Orins: Empuk-empuk Legit Martabak Cokelat Pisang!

Flora Febrianindya - detikFood
thumbnail Foto: detikfood
Jakarta - Di sini, martabaknya legit padat. Dari adonannya yang tebal, tercium wangi olesan margarin yang semerbak. Topping cokelat plus irisan pisang uli yang wangi diberikan melimpah. Wah, benar-benar bikin ketagihan!

Sore-sore memang asyiknya ngemil martabak enak. Berlabel 'martabak spesial', rasanya dijamin bikin puas dan nagih. Martabaknya tebal legit bertopping melimpah. Wah, meski harganya lebih mahal dibanding martabak biasa, tapi dijamin tak kecewa!

Di kawasan Stasiun Gondangdia, ada sebuah kios yang menjual beragam jenis martabak. Di bagian depannya, tertulis 'Martabak Spesial ORINS'. Jangan tertipu dengan tampilannya yang sederhana. Di sini, pemesan martabaknya bisa panjang mengular. Aneka jenis martabaknyapun terkenal istimewa. Hmm, tentu bikin penasaran!

Di sini, beragam jenis martabak tersedia. Dari yang standar seperti cokelat, pisang, kacang, wijen, keju, juga strawberry, blueberry, kismis serta jagung. Ukurannya bisa disesuaikan, mau mini, sedang, besar ataupun jumbo. Ada lagi yang istimewa, yaitu jenis 'spesial Orins', memadukan beberapa topping sekaligus, tersedia dalam ukuran besar dan jumbo.

Membelinya juga butuh kesabaran, apalagi jika Anda mampir di jam pulang kantor. Siap-siap menunggu, atau bahkan kehabisan. Ah, karena takut tak kebagian ataupun menunggu lama, saya melakukan pemesanan lewat telepon terlebih dulu. Sesuai perjanjian, jam 5 sore martabak jagung keju dan cokelat pisang pesanan saya siap untuk diambil.

Saat tiba jam 16.50, pemesannya memang lumayan banyak. Beberapa karyawan tampak sibuk mengambil adonan martabak yang kental dan mencampurkannya dengan telur. Kemudian dituang di atas wajan khusus martabak. Karyawan yang lain sibuk mengoles margarin dan memberi topping di atas martabak. Hmm, wangi dan menggiurkan!

Untuk 2 martabak ukuran sedang pesanan, jagung dan pisangnya diberikan saat adonan hampir matang di atas kompor agar teksturnya lebih lunak. Saat matang, dengan sigap martabak dipindahkan ke atas meja pipih dan diberi topping sesuai pesanan.

Wow, martabak cokelat pisangnya diberi taburan meisjes cokelat super melimpah! Begitu juga dengan jagung keju, menggunakan 4 potong keju yang diparut. Kemudian diberi susu krimer kental manis di atasnya. Tanpa dilipat, martabak kemudian dipindahkan ke dalam kotak pipih lebar, mirip dus pizza.

Saat mencicippun tiba! Yang jadi tujuan pertama tentu martabak cokelat pisang (Rp 31.000). Martabaknya menjejakkan tekstur legit padat dan lembut di lidah, menebarkan aroma harum.

Taburan cokelatnya terasa manis enak, dengan jejak rasa pisang uli yang lembut dengan semburat asam yang khas. Paduan cokelat dan pisangnya memang begitu pas, memberi rasa manis enak!

Martabak keju jagung (Rp 31.000) juga menarik mata. Martabaknya berselimutkan keju parut dan susu kental manis. Di bawahnya bersembunyi jagung manis pipil. Karena kejunya tak pelit diberikan, rasanyapun mantap dan 'keju banget'. Tambahan jagungnya memberi aksen manis alami, plus menyisakan tekstur krenyes enak.

Karena martabaknya tebal dan padat, 3 potong martabak sudah cukup bikin saya puas. Dibandingkan martabak biasa, harganya memang relatif lebih mahal, antara Rp 5.000-Rp 8.000 untuk martabak mini, Rp 21.000-Rp 31.000 untuk martabak sedang, Rp 32.000-Rp 55.000 untuk martabak besar dan juga Rp 39.000-Rp 60.000 untuk ukuran jumbo.

Oh ya, martabak ini juga melayani pesan antar. Jika ada acara kumpul keluarga ataupun mau ngemil martabak bareng teman kantor, martabak ini bisa jadi pilihan. Wah, memang benar-benar bikin ketagihan!

Martabak Spesial Orins
Depan Stasiun Gondangdia
Jl. Taman Cut Mutia Menteng
(Sebelah Restoran Padang Sederhana)
Jakarta Pusat

Jl. Pedurenan Masjid 4 No. 4
Setiabudi, Kuningan





(odi/flo)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com

Tips

Share foto buka puasa bersama teman/keluarga. Dapatkan hadiah gadget keren dan uang tunai jutaan rupiah!

Cooking Class