Kamis, 01/01/1970 07:00 WIB

Meriam Bambu Permainan Favorit di Kala Ramadan

Ryma S - detikFood
Meriam Bambu Permainan Favorit di Kala Ramadan
Bulan Ramadan disambut gembira oleh kaum muslim baik orang tua, remaja hingga anak-anak. Bahkan anak-anak mendambakan datangnya bulan puasa, karena bisa membuat permainan yang tidak biasa mereka lakukan di hari selain Ramadan.

Salah satu permainan yang disukai anak-anak di kala bulan puasa tiba adalah meriam bambu. Sejumlah anak di seputaran Kecamatan Sumbersari, hampir setiap malam seusai salat tarawih selalu membunyikan mercon meriam yang terbuat dari bambu.

"Wah senang, tiap malam membunyikan meriam bambu. Suaranya blaar..r kayak meriamnya tentara," ujar Agil, bocah warga Perumahan Mastrip Kecamatan Sumbersari dengan terkekeh, Rabu (3/9/2008).

Seusai salat tarawih dia bersama teman sebayanya di perumahan itu membawa lima bambu panjang ke tanah lapang perumahan setempat. Mereka bersaing membunyikan bambu-bambu itu sehingga berbunyi seperti meriam. "Kami bisa bermain kayak gini waktu puasa saja, kalau tidak puasa banyak dilarangnya," imbuh Samsul salah satu teman Agil.

Bambu-bambu kering sepanjang 1-2 meter mereka siapkan. Di setiap ujung diberi lubang kecil yang digunakan sebagai sumbu. Lubang kecil itu dituangi minyak tanah dan kemudian disulut dengan api. Maka sebuah semburan api disertai bunyi laksana meriam akan muncul di ujung bambu tersebut.

Ketika berhasil berbunyi, maka tawa anak-anak itu pecah dengan girangnya. Permainan itu tidak hanya dilakukan anak-anak di perumahan Mastrip. Tetapi meriam bambu ini juga dimainkan anak-anak di sekitar jalan Riau dan jalan Mastrip, Kecamatan Sumbersari.

"Kadang dibunyikan waktu sahur itu, sekalian membangunkan orang untuk sahur," tukas Agil.
(tbs/bdh)


Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Iklan: sales[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com